Keunikan Perhitungan Umur Orang Korea Yang Jarang Diketahui

Bila selama ini kamu mengenal Korea hanya dari budaya KPop dan KDrama-nya, maka kamu juga harus mengetahui hal unik lain dari kawasan semenanjung ini. Salah satu keunikan tersebut adalah perhitungan usia atau umur orang Korea.

Bila kamu berteman dengan orang Korea yang memiliki usia yang sama denganmu, fakta sebenarnya akan membuat kamu terkejut. Bisa saja dia lebih muda dari usiamu. Mengapa?

Orang Korea menganut sistem perhitungan usia Asia Timur yang unik. Saat seorang bayi lahir maka otomatis usianya adalah 1 tahun. Tidak peduli hari, tanggal atau bulan berapa kamu lahir maka usiamu sama dengan orang yang lahir pada tahun ini. Misalnya kamu lahir tanggal 1 Januari 2016, maka usianya sama dengan yang lahir pada tanggal 31 Desember 2016.

Usia seseorang tidak akan bertambah sebelum tahun baru, artinya bila kamu lahir tanggal 1 Juli 2016 maka usiamu baru bertambah tanggal 1 Januari 2017. Demikian pula dengan orang yang lahir tanggal 31 Desember 2016 maka sehari kemudian tanggal 1 Januari 2017 usianya langsung nambah 1 tahun.

Jadi, bila kamu berkenalan dengan orang Korea, maka kamu harus berhitung ulang usianya agar bisa dibandingkan dengan usiamu.

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.