X

Botol Yang Berisi Pesan Tertua Ditemukan Di Pantai Australia

Tentu sangatlah menyenangkan saat menemukan sebuah pesan yang tersimpan di dalam botol, tetapi bagaimana bila pesan tersebut telah berusia 132 tahun? Peristiwa yang sangat jarang tersebut terjadi di sebuah pulau yang masih menjadi bagian dari benua Australia.

Botol pesan yang diperkirakan telah berusia 132 tahun ditemukan di Pulau Wedge, Australia pada 21 Januari 2018. penemuan ini berhasil memecahkan rekor botol pesan tertua sebelumnya yang ditemukan di Jerman pada tahun 2005. Botol pesan yang ditemukan di Jerman diperkirakan berusia 108 tahun.

Pada pesan yang terdapat dalam botol yang ditemukan di Australia tertulis tahun 1886. Botol pesan ini dibuang ke laut dari sebuah kapal Jerman yang bernama Paula saat berlayar di samudera Indian. Kapal tersebut berlayar mengelilingi dunia dalam rangka eksperimen oseanografi. Para ahli saat itu berharap, botol pesan ini dapat membantu para penemunya untuk lebih memahami kondisi lautan pada saat itu.

Orang yang beruntung menemukan botol pesan tertua itu adalah seorang penduduk Perth, Australia yang bernama Tonya Illman. Botol pesan itu ditemukan secara tidak sengaja oleh Tonya saat dia bersama temannya berjalan jalan di pinggir pantai. Botol pesan tersebut kemudian dibawa oleh keluarga Illman ke Museum Australia Barat untuk disimpan dan dipublikasikan ke masyarakat umum.

Menurut para ahli, botol pesan itu diperkirakan terdampar ke pantai beberapa tahun setelah dibuang dari kapal Paula. Botol itu kemudian tertimbun pasir dan baru ditemukan seabad kemudian.

Otoritas Jerman sendiri berharap botol pesan itu dikirim ke Jerman untuk dilakukan penelitian lebih lanjut tentang isi pesan yang terdapat dalam botol tersebut.

Topik: Unik & Seru
dokterMade :Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.