Tips Menghilangkan Notifikasi Pada Browser Chrome

Pernahkah kamu tiba tiba mendapatkan notifikasi saat mengunjungi sebuah website? Kemunculan notifikasi ini tentu sangat menganggu kenyamanan saat berselancar di dunia maya. Ironisnya, kebanyakan notifikasi ini justru datang dari website terkenal seperti facebook, youtube dan bahkan google. Memang sih saat muncul pertama kali, kamu diberikan pilihan untuk menerima notifikasi selanjutnya atau tidak, sayangnya secara tidak sengaja kita kerap meng-klik pilihan menerima atau “Allow”.

Namun, apapun pilihanmu, notifikasi ini kelak akan muncul lagi dan ‘memaksa’ kamu untuk memilih lagi antara menerima atau memblokir. Mengapa? Karena memang pengaturan notifikasi belum diubah dan tersimpan rapi alias sulit untuk dicari.

Bisakah kemunculan notifikasi ini diatur sehingga kemunculannya tidak menganggu?

Chrome menyediakan fitur notifikasi push ini sejak April 2015, yang kemudian diikuti oleh browser yang lain. Mungkin bagi sebagian orang, kemunculan notifikasi ini bermanfaat, namun tidak sedikit pula yang merasa terganggu.

Bila kamu termasuk yang tidak ingin diganggu oleh notifikasi website pada Chrome, kamu bisa mengatur kemunculan notifikasi tersebut.

Begini carannya:

  • Klik Chrome > Setelan, atau tempel chrome://settings/content/notifications kolom alamat Chrome.
  • Geser ke bawah lalu klik Lanjutan
  • Klik setelan konten
  • Klik Notifikasi
  • Non aktifkan pilihan Tanyakan sebelum mengirim (disarankan).

Entah apa tujuannya, Chrome sengaja membuat pengaturan ini sulit dicari, namun kini yang penting kamu telah berhasil bebas dari notifikasi yang menganggu.

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.