Tips Menghemat Baterai Android Yang Terbukti Efektif

Masalah yang kerap dialami oleh pengguna ponsel pintar Android adalah baterai yang cepat habis atau boros. Sangat jarang ponsel Android yang bisa digunakan seharian tanpa charge untuk pemakaian wajar, apalagi pemakaian berat. Meskipun beberapa produsen ponsel pintar telah melengkapi ponsel pintar keluaran terbaru mereka dengan kapasitas baterai yang besar, tetap saja terasa boros saat digunakan untuk bermain game.

Melalui tulisan kali ini, saya akan mencoba memberi beberapa tips menghemat baterai Android yang terbukti efektif memperpanjang umur baterai.

1. Kurangi kecerahan layar

Layar adalah komponen ponsel pintar yang paling boros dengan baterai. Maklumlah, layar akan selalu on saat ponsel pintar digunakan. Untuk menghemat baterai, kita bisa mengatur kecerahan layar seminimal mungkin, tetapi tetap nyaman di mata. Gunakan slider pengatur kecerahan layar yang terdapat pada tab notifikasi.

2. Kecilkan atau matikan suara ringtone atau pemutar media

Gunakan tombol volume untuk mengecilkan atau mematikan nada ringtone atau suara yang keluar saat kita memutar media seperti musik atau film.

3. Matikan fitur Adaptive Battery

Pengaturan fitur Adaptive Battery bisa diatur di bagian Pengaturan > Batterai. Mematikan fitur ini akan secara otomatis membatasi pemakaian baterai untuk aplikasi aplikasi yang tidak sedang digunakan.

4. Gunakan headphone kabel

Pilihlah menggunakan headphone kabel dibandingkan dengan headphone bluetooth saat memungkinkan. Selain meminimalisir pemborosan baterai saat menggunakan koneksi bluetooth, penggunaan kabel juga membuat suara media terdengar lebih baik.

5. Gunakan mode penghemat baterai

Pengaturan mode penghemat baterai bisa dilakukan secara manual di menu pengaturan cepat. Atau kamu bisa mengaturnya di bagian Pengaturan > Baterai. Kamu juga bisa menghidupkan penghemat baterai saat baterai mencapai level tertentu.

6. Gunakan Airplane mode saat tidak terhubung ke Wifi atau data operator.

Gunakan mode pesawat saat menggunakan ponsel pintar dalam keadaan offline. Cara ini lumayan bagus untuk memperpanjang usia baterai ponsel pintar. Untuk mengaktifkan airplane mode, kamu bisa mengaturnya di menu pengaturan cepat.

Demikian beberapa tips menghemat baterai pada ponsel yang menggunakan sistem operasi Android. Semoga bermanfaat.

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.