Hati Hati! Broken Link Checker Bisa Menyebabkan Server Blog Down

Salah satu cara meningkatkan SERP atau nilai suatu blog di mata mesin pencari adalah tukar tukaran link berkualitas antara satu blog dengan blog yang lain. Link berkualitas ini dapat meningkatkan nilai blog kita di mata mesin pencari sehingga lebih cepat terindeks.

Masalah muncul bila link link yang kita tambahkan ke blog itu mati alias website atau blog yang linknya kita tambahkan ke blog udah dihapus atau tidak bisa diakses lagi. Link link mati atau kerap disebut dengan broken link ini akan menjadi ‘sampah’ di blog kita dan dapat menurunkan nilai blog kita di mata pengunjung. Pengunjung menganggap blog kita tidak dapat dipercayai karena banyaknya link yang tidak sesuai dengan apa yang kita tulis.

Agar blog kita terjamin nilainya baik di mata mesin pencari maupun pengunjung, kita sebaiknya menghapus link link yang masuk ke dalam kategori broken link. Caranya? Mudah untuk blog yang tulisannya tidak begitu banyak. Kita tinggal mengecek satu satu tulisan kita dan link yang terdapat dalam tulisan itu. Nah, masalah muncul bila tulisan dan link yang ada di blog kita jumlahnya ribuan. Rasanya sulit dilakukan pengecekan secara manual.

Untuk membantu mengatasi masalah tersebut, kita bisa menggunakan plugin Broken Link Checker. Plugin yang dipasang pada WordPress ini bekerja secara latar belakang memeriksa setiap tautan atau link yang adai di blog kita lalu memberikan laporan bila ditemukan ada link yang telah mati atau tidak bisa diakses. Karena bekerja di latar belakang ini, plugin Broken Link Checker lumayan menguras CPU server.

Pengalaman saya kemarin, plugin Broken Link Checker yang telah lama tidak diperbaharui ini, mampu membuat server kedua blog saya down. CPU loading sampai diatas 90% secara terus menerus sehingga blog menjadi sulit diakses.

Jadi, bila saat ini blog ditaruh di shared hosting dengan CPU load terbatas, jangan coba coba install plugin Broken Link Checker. Coba gunakan cara lain untuk mendeteksi adanya broken link.

Sekedar informasi, pemeriksaan broken link bisa dilakukan dengan menggunakan program under Windows. Program yang disebut Xenu bisa di download disini. Tutorial penggunaan program ini akan saya berikan pada tulisan selanjutnya.

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.