Windows Sets Tidak Jadi Muncul, Ini Alasannya…

Bila kita rajin mengikuti perkembangan update dari Windows 10, ada satu fitur yang digadang gadang akan muncul pada update Windows yang akan datang. Fitur terbaru yang memungkinkan seluruh jendela aplikasi bergabung dalam satu jendela itu disebut dengan istilah Sets. Sayangnya menurut informasi terakhir, Microsoft mengurungkan niat memunculkan Sets dalam update terbaru Windows 10 yang menurut rencana akan dirilis pada bulan Oktober tahun ini.

Ini adalah kali kedua Microsoft membatalkan kemunculan Sets setelah sebelumnya memperkenalkan fitur ini pada pengguna Windows Insider. Menurut Microsoft, alasan mereka menunda kemunculan Sets karena kompleksnya kompablitias Sets dengan aplikasi yang saat ini telah berjalan di Windows. Disamping itu, Microsoft masih belum memiliki gambaran tentang cara pengguna menggunakan fitur ini.

Sebenarnya Sets merupakan fitur yang sangat menjanjikan. Pengguna Windows bisa berpindah pindah aplikasi hanya dengan mengklik sebuah tab mirip dengan yang biasa mereka lakukan saat berpindah tab menggunakan browser. Selain memunculkan tab aplikasi, tab pada Sets juga bisa langsung digunakan untuk berselancar di dunia maya. Jadi, fitur ini akan sangat memudahkan pengguna yang mengerjakan tugas dengan menggunakan beberapa aplikasi sekaligus mencari bahan tugas di internet.

Sayangnya, beragamnya aplikasi yang ada pada Windows menyebabkan terjadinya masalah saat aplikasi aplikasi tersebut disatukan dalam satu jendela. Masalah terutama terjadi pada bilah judul jendela. Ada beberapa aplikasi yang sedemikan sederhana bilah judul jendelanya sehingga sulit disatukan dengan aplikasi yang memiliki bilah judul jendela yang lebih rumit. Microsoft masih banyak memiliki pekerjaan rumah untuk bisa menyatukan berbagai macam aplikasi dengan berbagai macam bilah judul jendela ini. Inilah menjadi alasan utama mengapa Sets belum juga diluncurkan oleh Microsoft dalam update Windows 10 yang akan datang.

Versi terbaru Windows 10 yang menurut rencana akan diluncurkan pada bulan Oktober tahun ini merupakan versi 1809 dengan codename “Redstone 5”. Versi ini menjadi spesial karena merupakan long term support channel (LTSC), artinya versi Windows 10 akan mendapatkan dukungan keamanan sampai dengan 10 tahun kedepan. Biasanya dukungan keamanan seperti ini hanya berlaku untuk 18 bulan.

Microsoft mengakui sedang melakukan pekerjaan penting dalam memperbaiki kemampuan Sets dan sepertinya membutuhkan waktu yang lebih panjang agar fitur ini bisa dinikmati oleh seluruh pengguna Windows.

Ingin tahu tentang Sets? Silakan disimak video di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.