Windows 10 Terbaru Dengan Perbaikan Fitur Search

Setelah melakukan update Windows 10 terbaru, apa yang akan kamu lakukan kemudian? Tentu saja menikmati fitur fitur terbaru yang terdapat dalam Windows 10. Salah satu fitur terbaru yang sedang dikembangkan oleh Microsoft pada update Windows 10 yang akan datang adalah perbaikan pada fitur search atau pencarian.

Perbaikan fitur search tersebut saat ini baru bisa dinikmati oleh mereka yang tergabung dalam Windows Insider. Maklumlah karena perbaikan fitur search baru terdapat pada update Windows 10 versi beta atau Windows 10 19H1 Fast Ring build 18267.

Dalam catatan yang dibuat Microsoft pada blog Windows Insider, perbaikan fitur search pada Windows akan memungkinkan pengguna melakukan pencarian file atau data pada keseluruhan folder dan drive. Saat ini, fitur seacrh hanya terbatas pada folder dokumen, gambar dan video.

Selama proses testing, fitur ini tidak aktif secara default. Para beta tester Fast Ring build 18267 bisa mengaktifkan fitur ini dengan masuk ke pengaturan Windows dan memilih “Enhanced” pada bagian pengaturan pencarian. Proses pengindeksan pencarian berlangsung sekitar 15 menit dan Microsoft menyarankan pengguna tidak melakukan aktivitas apa apa pada saat proses pengindeksan karena proses ini membutuhkan sumber daya yang sangat besar.

Setelah proses pengindeksan selesai, pengguna bisa mencari file atau dokumen secara instan dengan menggunakan Windows Search. Untuk mengecualikan suatu folder, pengguna bisa melakukan pada pengaturan Excluded Folders list.

Karena masih berupa versi beta, tentu saja Microsoft sangat berharap pada masukan yang diterima dari para beta tester guna dilakukan perbaikan pada rilis yang akan datang sebelum dirilis secara resmi kepada publik.

Fitur “Enhanced Search” ini sebenarnya sangat menarik karena selama ini pengguna Windows sering mengalami kesulitan saat mencari dokumen yang tersembunyi. Fitur pencarian terbaru ini akan membuat pencarian dokumen menjadi lebih mudah dan tidak menjengkelkan.

Dengan adanya fitur Windows 10 terbaru ini, pengguna Windows 10 tidak lagi menghabiskan waktu berjam jam saat pencarian dokumen. Mereka tidak lagi mengeluh Windows 10 lemot dan lain sebagainya. Mudah mudahan fitur terbaru Windows 10 ini bisa segera diunduh untuk pengguna di Indonesia pada update  windows 10 iso 64 bit yang akan datang.

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.