Twitter Sedang Uji Coba Dua Fitur Ini

Bila sebelumnya kita mengenal Twitter sebagai media sosial yang monolog, kini Twitter ingin tampil lebih ramah dengan ‘percakapan’. Yap, salah satu fitur baru Twitter yang sebentar lagi diluncurkan adalah balasan atau reply pada thread/percakapan. Jadi nantinya, percakapan di Twitter akan mirip dengan percakapan yang ada pada Facebook dan Reddit.

Dengan fitur balasan thread/percakapan ini, nantinya pengguna Twitter bisa membalas balasan yang ada pada satu thread dengan tampilan yang sedikit berbeda. Para komentator atau pembalas twit bisa saling sahut sahutan di sebuah thread/percakapan tanpa harus menganggu alur dari thread tersebut.

Rencana peluncuran fitur baru Twitter ini diamini oleh Sara Haider, manajer produk dari Twitter dalam sebuah twit:

“@Sara Haider: hey Twitter. we’ve been playing with some rough features to make it feel more conversational here. presence and reply threading. still early and iterating on these ideas. thoughts?”

Fitur baru lainnya adalah indikator status online, yang memungkinkan setiap pengguna Twitter melihat apakah seseorang sedang online atau tidak di Twitter. Fitur ini bertujuan untuk memudahkan pengguna Twitter melihat apakah pengguna yang lainnya sedang online sehingga diharapkan bisa merespon dengan lebih cepat. Pengguna Twitter yang sedang online nantinya akan ditandai dengan titik berwarna hijau. Mirip dengan apa yang ada pada Facebook dan Instagram.

Sayangnya, fitur ini banyak mendapatkan respon negatif. Kebanyakan mereka takut, indikator status online ini dimanfaatkan oleh mereka yang berniat jahat untuk melakukan serangan. Para penjahat ini bisa saja menunggu sampai target online untuk melancarkan sebuah serangan.

Untungnya Twitter memastikan bahwa kendali indikator status online ini ada pada pengguna. Artinya, pengguna bisa menghidupkan atau mematikan indikator status ini sesuai dengan keinginannya.

Karena fitur fitur ini masih dalam tahan uji coba, maka hanya beberapa pengguna Twitter yang bisa menggunakannya. Twitter berusaha memperbaiki kekurangan fitur ini sehingga siap jika nantinya digunakan untuk seluruh pengguna Twitter.

Bagaimana dengan kalian pengguna Twitter di Indonesia? Apakah ada yang sudah menikmati fitur baru ini?

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.