Transfer Pulsa Indosat, Solusi Praktis Tanpa Ribet

Pernah mendengar fitur atau layanan transfer pulsa dari operator ponsel?

Saat ini hampir setiap provider memiliki layanan ini. Layanan transfer pulsa merupakan sebuah fitur yang memungkinkan pelanggan mengirim pulsa ke nomor lain. Fitur ini hanya berlaku untuk nomor yang operatornya sama. Transfer pulsa Indosat misalnya, layanan ini hanya bisa dilakukan oleh pemilik nomor Mentari ataupun M3.

Lalu, mengapa layanan ini banyak diminati orang? Berikut merupakan beberapa kelebihan fitur transfer pulsa yang perlu kita ketahui, yaitu:

1. Solusi praktis di saat darurat

Apakah Anda pernah kehabisan pulsa saat berada di daerah yang terpencil dan jauh dari pertokoan? Jika iya, layanan transfer pulsa Indosat merupakan solusinya. Cukup dengan mengirim sms darurat pada teman atau keluarga, Anda bisa meminta mereka untuk mengirimkan pulsa pada saat itu juga.

Karena tidak melibatkan jaringan internet dan memotong pulsa data atau kuota, siapapun dapat menerima pulsa transfer meskipun lokasinya berada di daerah yang belum terjangkau internet. Serunya, pulsa yang dikirimkan akan menambah masa aktif nomor.

Sehingga meskipun Anda masih berada di tempat terpencil tersebut, komunikasi dengan teman atau keluarga di tempat asal tetap bisa berjalan lancar.

2. Pulsa selalu ada kapanpun dibutuhkan

Tidak peduli hujan deras atau tengah malam, kapanpun dibutuhkan Anda tetap dapat melakukan transfer pulsa. Jadi meskipun pulsa habis di saat darurat sedangkan waktu tidak memungkinkan kita untuk membeli di counter, Anda tetap bisa berkomunikasi dengan siapapun selama ada yang bisa mengirimkan pulsa.

3. Bisa dilakukan tanpa pulsa

Pulsa data dan reguler habis di saat yang bersamaan mungkin merupakan mimpi buruk bagi sebagian orang. Bayangan tidak bisa berkomunikasi di tempat terpencil atau saat-saat darurat juga dapat membuat mereka merasa tidak nyaman. Jika hal semacam ini pernah Anda alami, layanan transfer pulsa Indosat merupakan solusinya.

Karena memiliki fitur SMS darurat, nomor Indosat tetap bisa mengirimkan pesan meskipun tidak ada pulsa sama sekali. Selama penerima bersedia untuk menanggung biaya SMS darurat, Anda bisa meminta mereka untuk melakukan transfer pulsa agar komunikasi bisa tetap berjalan lancar.

Jangan lupa untuk mengganti pulsa kerabat atau keluarga yang melakukan transfer begitu Anda memiliki saldo. Karena itulah begitu pulsa transfer masuk, Anda bisa langsung membeli pulsa reguler melalui aplikasi atau situs multipembayaran seperti Traveloka.

Itulah beberapa kelebihan layanan transfer pulsa di Indosat. Kekurangan fitur ini hanya satu, yaitu pengirim tidak bisa mentransfer pulsa ke nomor lain selain Indosat M3 Oreedoo atau Mentari. Untuk mengetahui cara transfer yang tepat, Anda bisa membaca detailnya di info transfer pulsa Indosat di website Traveloka.

Sebenarnya langkah-langkah layanan transfer pulsa dari Indosat ini cukup mudah. Pilihannya pun hanya ada satu, yaitu melalui fitur pesan singkat atau SMS pada ponsel pengguna. Sebelum mengetahui cara transfer, ada baiknya kita tahu syarat dan ketentuan yang berlaku agar bisa menggunakan layanan ini.

Berikut uraiannya!

1. Masa berlaku nomor harus aktif

Agar proses transfer pulsa bisa dilakukan, baik nomor pengirim maupun penerima harus ada pada masa aktif, bukan tenggang. Jadi sebelum mengirim pulsa, pastikan nomor Anda atau penerima transfer masih dalam masa aktif.

2. Sisa pulsa minimal Rp5.000

Untuk bisa mengirim pulsa ke nomor Indosat lainnya, pulsa minimal Anda setelah terpotong nominal transfer dan biaya administrasi minimal harus Rp5.000. Jadi jika Anda ingin transfer sejumlah Rp5.000 ke nomor teman, paling tidak saat ini Anda harus memiliki pulsa di atas Rp11.000.

3. Limit transaksi tidak lebih dari Rp200.000

Demi menjaga kualitas layanan dan mencegah penyalahgunaan dari pihak yang tidak bertanggung jawab, Indosat menetapkan limit transfer pulsa sekitar Rp200.000 sehari.

4. Transaksi minimal dan maksimal dibatasi

Sama seperti limit transaksi harian, pembatasan ini dilakukan agar tidak ada pihak-pihak yang memanfaatkan layanan transfer pulsa Indosat secara semena-mena. Agar dapat melakukan transfer, nominal minimal transfer adalah Rp5.000 dan maksimal Rp100.000 untuk satu kali transaksi. Jika lebih atau kurang dari nominal di atas, Anda tisak bisa memanfaatkan layanan dari operator yang membawahi kartu M3 dan Mentari ini.

Jadi, sudahkah syarat dan ketentuan di atas terpenuhi? Jika sudah, selanjutnya mari kita bahas tentang cara transfer yang tepat. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka fitur SMS di ponsel. Selanjutnya ketik pesan dengan format, “TP<spasi>nomor tujuan<spasi>nominal” lalu kirim ke 151.

Misalnya Anda ingin mengirim pulsa Rp6000 ke nomor 085858123456 maka format yang harus diketik adalah, “TP 0858123456 6000.” Setelah dikirim biasanya akan ada SMS balasan berisi konfirmasi token. Balas pesan tersebut dengan mengetik “OK” lalu kirim kembali.

Tidak berapa lama Anda akan menerima SMS konfirmasi tentang berhasil tidaknya proses transfer pulsa Indosat. Hal ini biasanya juga diikuti dengan pemotongan otomatis pulsa berdasarkan nominal transfer dan biaya administrasi. Mudah bukan? Semoga informasi ini bisa menjadi referensi bermanfaat.

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.