Sistem Kemanan iPhone Terbaru Membuat Penegak Hukum Makin Frustasi

Bila kita bicara masalah privasi dan keamanan data, Apple merupakan salah satu perusahaan yang sangat memperhatikan aspek tersebut pada gadget yang mereka keluarkan. Sisi keamanan data ini pula yang kerap menyebabkan para penegak hukum frustasi saat ingin mengakses data dari sebuah iPhone. Kini, kayaknya Apple akan membuat para penegak hukum makin frustasi karena celah keamanan yang selama ini dimanfaatkan oleh penegak hukum untuk mengakses data iPhone berhasil ditutup oleh Apple.

Menurut Apple, penutupan celah keamanan ini akan diluncurkan bersamaan dengan update perangkat lunak terbaru iPhone. Setelah update, port Lightning yang selama ini tetap terbuka setelah iPhone terkunci akan tertutup secara otomatis sejam setelah iPhone dikunci oleh pengguna. Untuk melakukan transfer data dari dan ke iPhone, pengguna harus membuka iPhone menggunakan Touch ID, Face ID atau PIN. Untungnya, akses power masih tetap terbuka sehingga pengguna tidak perlu membuka kunci iPhone saat akan mengisi daya.

Update ini tentu saja menjadi berita buruk bagi para penegak hukum yang selama ini telah membuat software khusus agar bisa mengakses data dari sebuah iPhone pelaku kejahatan. Meskipun sejatinya update yang dilakukan Apple bukan ditujukan untuk menyulitkan penegakan hukum. Menurut Apple, apa yang dilakukan oleh para penegak hukum saat membuka akses iPhone juga bisa dilakukan oleh pelaku kriminal.

Langkah yang dilakukan oleh Apple ini merupakan awal dari usaha mereka mengamankan data pengguna. Sebagaimana diketahui, Apple dan Google berusaha mengamankan data pengguna ponsel dengan enkripsi khusus sejak tahun 2014. Enkripsi ini menjadikan data pada ponsel aman dari tangan tangan jahat karena hampir mustahil bisa membuka data tersebut tanpa kunci.

Langkah pengamanan ini memang membuat frustasi para penegak hukum, tetapi bagaimanapun ini merupakan kemajuan dari sisi keamanan data pengguna ponsel secara umum.

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.