Setelah Sekian Tahun, Akhirnya Robot Asimo Pensiun

Bila kamu pernah menyaksikan aksi robot besutan Honda yang bernama Asimo, maka kini saatnya mengucapkan salam perpisahan untuk robot keren ini. Melalui sebuah rilis di media lokal, Jepang, Honda secara resmi mengumumkan penghentian pengembangan robot Asimo. Meskipun demikian, teknologi yang digunakan pada Asimo akan tetap langgeng karena diadopsi untuk beberapa perangkat lain yang diproduksi Honda seperti perangkat bergerak dan kendaraan nirawak.

Asimo yang merupakan singkatan dari Advanced Step in Innovative Mobility, pertama kali diperkenalkan Honda berupa sketsa pada tahun 1980an. Baru pada tahun 2000, Asimo muncul dalam bentuk robot yang bisa berjalan secara mandiri dan memiliki kemampuan menaiki tangga.

Meskipun proses pengembangan Asimo kerap menemui hambatan, robot dengan tinggi 130 cm dan berat 119 pound ini sempat memukau para penggemar robot atas kemampuannya yang sangat impresif.

Setelah mampu berjalan dengan gerakan yang sangat halus, Asimo kemudian mampu berlari dengan kecepatan 5,6 mph dan melakukan gerakan gerakan yang sangat menakjubkan. Bahkan apa yang bisa dilakukan oleh Asimo jauh di atas apa yang bisa dilakukan oleh rata rata robot humanoid saat ini. Faktanya, banyak yang menganggap, kemampuan Asimo melakukan berbagai macam gerakan tersebut karena ada orang di dalam robot Asimo.

Kemampuan Asimo tidak hanya terbatas pada kemampuan fisik. Robot pintar ini juga dilengkapi dengan berbagai macam sensor yang mampu mengenali wajah, postur, gerakan dan cara bicara seseorang. Kemampuan ini membuat Asimo mampu menerjemahkan segala perintah yang diberikan kepadanya dan melakukan perintah tersebut. Asimo bahkan mampu membedakan suara beberapa orang yang bicara bersamaan dan merespon perintah dari masing masing orang tersebut.

Kini era Asimo telah berakhir, para insinyur Honda yang sebelumnya mengembangkan Asimo mulai mengalihkan teknologi yang terdapat dalam Asimo ke proyek lain seperti pengembangan kendaraan nirawak. Beberapa sensor dan teknologi yang terdapat dalam Asimo memang cocok untuk pengembangan kendaraan nirawak.

Honda sebenarnya telah membuat beberapa robot yang memiliki kemampuan mirip dengan Asimo, tetapi robot robot tersebut tidak mampu menandingi ketenaran Asimo. Memang sih, kebanyakan dari robot robot penerus Asimo tersebut bentuknya tidak semanis dan sekeren Asimo.

Akhir kata, sayonara Asimo.

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.