Perhiasan Ini Terbuat Dari Limbah Komputer

Selama ini kita mengenal Dell Computers sebagai perusahan yang memproduksi komputer personal dan laptop. Kini, perusahaan teknologi yang berbasis di Amerika Serikat ini sedang giat memproduksi perhiasan emas yang berasal dari limbah motherboard komputer. Yap, menggunakan emas yang ‘ditambang’ dari limbah motherboard.

Untuk produksi dan pemasaran perhiasan ini, Dell bekerjasama dengan artis Twilight, Nikki Reed. Mereka menawarkan perhiasan emas 14 sampai 18 karat dengan berbagai bentuk, seperti cincin, anting anting dan kalung. Upaya Dell dalam mendaur ulang sampah elektronik ini patut diacungi jempol. Mereka bisa memetik keuntungan tambahan dari barang barang elektronik yang sudah tidak terpakai lagi.

Menurut data EPA didaur ulang. Artinya, emas dan perak yang terdapat dalam barang elekrtonika senilai 60 juta USD terbuang percuma ke tempat pembuangan akhir setiap tahunnya.

Dell berharap, upaya mereka ini bisa diikuti oleh perusahaan perusahaan elektronika yang lainnya sehingga limbah elektronika tidak semakin mencemari bumi. Menurut Dell, ada hal menarik yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan emas dan perak yang terdapat dalam limbah elektronik. Dan tentu saja, upaya ini bisa memberi keuntungan tambahan.

Oh ya, harga perhiasan ini lumayan mahal juga, atau berkisar antara 78 USD untuk cincin emas sampai 348 USD untuk kalung. Ada yang berminat?

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.