Pembuat WhatsApp Meminta Pengguna Facebook Melakukan Ini

Pada tahun 2014, Facebook berhasil mengakuisisi WhatsApp dengan nilai 16 Milyar USD yang membuat kedua pembuatnya (Jan Koum dan Brian Acton) menjadi orang kaya. Bila Koum sampai saat ini masih terlibat dalam WhatsApp, Acton memilih keluar pada awal tahun 2018 untuk mendirikan sebuah yayasan.

Meskipun telah keluar dari WhatsApp, Acton ternyata tidak bisa melepaskan WhatsApp begitu saja. Dalam sebuah cuitan Twitter, Brian Acton meminta followernya untuk menghapus Facebook melalui tagar #deletefacebook. Memang cuitan itu tidak berhubungan langsung dengan WhatsApp, tetapi sebagaimana kita ketahui, WhatsApp saat ini telah dimiliki sepenuhnya oleh Facebook.

Cuitan Acton yang kini memiliki kekayaan sekitar 6,5 Milyar USD tersebut tentu saja mengundang berbagai macam komentar dari warganet dan Acton sendiri enggan menanggapi komentar komentar tersebut. Demikian pula dengan WhatsApp yang juga menolak untuk berkomentar.

Belum jelas apakah komentar Acton ini berhubungan dengan persaingan bisnis dengan Facebook atau bukan. Namun, menurut sebuah sumber, Acton telah menginvestasikan dana sekitar 50 juta USD pada pengembangan Signal yang merupakan aplikasi alternatif dari WhatsApp.

Cuitan Acton tidak terlepas dari skandal penyalahgunaan data pengguna yang dilakukan oleh Facebook bersama sama dengan Cambridge Analytica dalam upaya pemenangan Donald Trump pada pemilihan Presiden Amerika Serikat dua tahun yang lalu.

Acton bukanlah orang pertama yang menjelekan Facebook setelah keluar dari perusahaan tersebut. Tercatat nama nama seperti Chamath Palihapitiya, Sean Parker, Justin Rosenstein dan seorang investor Roger McNamee pernah mengungkapkan rasa tidak senangnya dengan Facebook setelah menjadi mantan karyawan.

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.