Lagi Lagi Facebook Mengalami Masalah Privasi

Facebook seakan akan tidak pernah luput dari masalah privasi. Jutaan pengguna Facebook harus rela postingan pribadinya terekspos ke publik hanya gara gara keteledoran Facebook dalam hal privasi. Kasus ini diakui sendiri oleh Facebook dan menjadi masalah privasi terbaru yang menimpa Facebook.

Pada bug kali ini, Facebook secara otomatis mengubah pengaturan privasi postingan pengguna menjadi publik, meskipun sebelumnya pengguna telah membatasi postingan tersebut hanya terlihat oleh teman atau orang orang tertentu. Tanpa disadari, postingan pribadi pengguna akan terlihat oleh publik dan akan terus terlihat sampai pengguna mengubah kembali pengaturan privasi postingannya.

Meskipun masalah privasi ini telah diperbaiki, tetapi perbaikan baru dirasakan oleh pengguna saat memposting status baru, artinya status lama yang telah ‘diubah’ pengaturan privasinya akan tetap terlihat oleh publik. Untuk mengatasi hal ini, Facebook akan memberi tahu pengguna yang terdampak dan menyarankan pengguna tersebut untuk mengubah kembali pengatusan privasi postingannya.

Belum lepas dari ingatan kita tentang skandal penyalahgunaan data pengguna yang melibatkan Facebook dan perusahaan Cambridge Analytica dalam proyek pemenangan Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat. Saat itu hampir 87 juta data pengguna Facebook berhasil diolah oleh Cambridge Analytica untuk kepentingan kampanye Donald Trump.

Mungkin sudah saatnya kita lebih berhati hati dalam membagi data pribadi terutama di media sosial agar tidak dimanfaatkan oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab.

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.