Karena Keamanannya, Telegram Tersandung Masalah Di Negara Ini

Bila Facebook membuat dunia kerepotan karena masalah keamanan yang membuat data pengguna dimanfaatkan oleh pihak lain, kerepotan yang sama juga disebabkan oleh aplikasi Telegram. Bedanya, Telegram membuat beberapa negara kerepotan karena sistem pengamanan (enkripsi) pesan yang terlalu kuat sehingga sulit untuk dibuka.

Negara terakhir yang mempermasalahkan sistem enkripsi pesan Telegram ini adalah Russia. Pemerintah Russia meminta akses yang lebih besar terhadap pesan Telegram yang dienkripsi sebagai bagian dari upaya penanggulangan terorisme.

Tentu saja permintaan pemerintah Russia ini ditolak mentah mentah oleh Telegram. Menurut Telegram, permintaan pemerintah Russia untuk mendapatkan akses ‘backdoor’ terhadap pesan Telegram yang telah dienkripsi, secara teknis sangat tidak memungkinkan. Mengapa? Karena Telegram menggunakan metode ‘end-to-end encryption’, artinya proses enkripsi dilakukan pada aplikasi, bukan pada server Telegram.

Penolakan ini tentu saja membuat geram pemerintah Russia. Mereka mengancam akan memblokir aplikasi Telegram di negara tersebut. Meskipun pada prakteknya, Telegram juga banyak dimanfaatkan oleh pemerintah Kremlin untuk mengirimkan pesan yang sifatnya rahasia ke negara negara sekutu mereka.

Pemerintah Russia bahkan memiliki ‘channel’ khusus di Telegram yang digunakan untuk menyebarkan artikel blog politik untuk mereka para pendukung pemerintahan. Juru bicara kepresidenan Russia mengaku menggunakan Telegram untuk mengorganisir brifing harian yang akan disampaikan ke media.

Masih belum jelas bagaimana pemerintah Russia akan memblokir Telegram karena aplikasi ini bisa melakukan bypass terhadap upaya pemblokiran. Kecuali pemerintah melakukan pemblokiran terhadap seluruh aplikasi bertukar pesan yang ada di Russia.

Dengan rencana ini, pemerintah Russia akan mengikuti jejak beberapa negara yang telah terlebih dahulu memblokir Telegram karena dianggap tidak bisa diajak bekerjasama.

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.

Tinggalkan Balasan