Kapasitas SSD Berhasil Menembus 100TB

Tidak lama setelah Samsung meluncurkan Solid State Drive (SSD) dengan kapasitas 30TB, perusahaan rivalnya, Nimbus Data berhasil membuat SSD dengan kapasitas yang jauh lebih besar, yakni 100TB. SSD buatan Nimbus Data yang memiliki ukuran standar 3,5 inchi SATA ini diberi nama ExaDrive DC100.

Dengan kapasitas sebesar itu, SSD ini mampu menyimpan lagu sebanyak 20 juta track, dengan perkiraan ukuran 1 lagu sekitar 5MB. Sayangnya, SSD buatan Nimbus Data ini hanya diperuntukan untuk media penyimpanan pada server internet. Dengan kecepatan transfer data yang mencapai 500MB/detik, SSD merupakan media penyimpanan yang sangat ideal pada sebuah server. Ukurannya yang relatif kecil juga bisa menghemat ruangan tempat menaruh server.

Kehadiran media penyimpanan berbentuk SSD dengan ukuran yang relatif kecil, tetapi memiliki kecepatan transfer data yang sangat tinggi merupakan media penyimpanan yang ideal untuk server yang melayani cloud service, AI dan teknologi lainnya.

Bagaimana dengan harganya? Menurut bocoran resmi dari Nimbus Data, sebuah SSD DC100 dibanderol dengan harga 10 ribu USD atau bila dirupiahkan mencapai 130 juta rupiah. Mahal ya? Tentu saja, tetapi bagi perusahaan yang menginginkan performa server internet yang mumpuni, harga 130 juta mungkin terbilang kecil.

SSD singkatan dari Solid State Drive atau Solid State Disk, adalah perangkat penyimpan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi. Seperti halnya USB Flash Drive, SSD pun tidak memiliki komponen yang bergerak di dalamnya.

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.