Instagram Meluncurkan IGTV Untuk Melawan Keperkasaan Youtube

Akhirnya Instagram meluncurkan sebuah aplikasi yang digadang gadang akan menjadi pesaing utama Youtube. Melalui sebuah even di San Francisco, Instagram mengumumkan kehadiran IGTV, sebuah aplikasi yang memungkinkan penggunanya memajang video dengan durasi sampai 1 jam. Sebelumnya, Instagram membatasi durasi video yang diupload oleh pengguna hanya sampai dengan 1 menit. IGTV nantinya bisa diakses melalui halaman utama Instagram atau melalui sebuah aplikasi yang berdiri sendiri.

Menurut CEO Instagram, Kevin Systrom, ini adalah saatnya bagi video untuk melangkah ke depan, kelak kita akan bisa menyaksikan video video dari kreator terbaik dengan durasi yang lebih panjang melalui IGTV.

Melalui IGTV, siapapun nantinya bisa sebagai kreator video. Mereka bisa upload video vertikal melalui aplikasi Instagram atau melalui halaman web. Sayangnya, upload video sejam ini belum bisa dilakukan oleh mereka yang akun Instagramnya tergolong kecil atau akun Instagram yang baru dibuat. Tidak dijelaskan secara rinci, apa yang dimaksud dengan akun Instagram kecil, tetapi menurut asumsi saya sih, akun Instagram dengan jumlah follower yang sedikit.

Aplikasi IGTV segera bisa dinikmati oleh pengguna iOS dan Android dari seluruh dunia. Aplikasi ini bisa diakses melalui sebuah tombol berbentuk televisi di layar utama Instagram. IGTV sengaja dibuat sebagai aplikasi terpisah agar tampilan video bisa utuh di layar ponsel dan tidak terganggu oleh hal hal yang lain.

Melalui IGTV, pengguna bisa melihat lihat daftar video dengan hanya menggeser tampilan IGTV. Pengguna bisa memilih video yang sedang populer, video yang direkomendasikan oleh Instagram dan video video dari kreator video yang diikuti. Pengguna juga bisa mengatur notifikasi bila ada video baru yang diupload oleh kreator yang kita ikuti.

IGTV juga memungkinkan kreator membuat sebuah channel atau saluran yang nantinya bisa disubscribe oleh orang orang. Kreator bisa menambahkan tautan pada deskripsi video untuk menambah pengunjung pada video yang lain.

Untuk saat ini, pengunjung IGTV belum diganggu oleh adanya iklan saat akan menonton video, tetapi Instagram tidak menampik akan adanya iklan pada video video yang tampil di IGTV. Kreator video tentu harus dihargai, itu sebabnya Instagram ingin menghargai jerih payah mereka dengan menyediakan slot iklan yang bisa menambah penghasilan para kreator video.

Instagram tidak membayar kreator yang videonya tampil di IGTV, tetapi perusahaan ini membuka peluang bagi kreator untuk menghasilkan uang dari video yang mereka unggah. Selain itu, dengan jumlah pengguna Instagram yang mencapai 1 milyar lebih, kreator video tidak akan kesulitan dalam mempopulerkan videonya melalui IGTV.

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.