Inilah Ponsel Pintar Tercepat 2017

Di dunia yang serba sibuk ini, kecepatan adalah sesuatu yang sangat penting. Pun demikian yang terjadi pada dunia ponsel pintar. Kecepatan menjadi faktor utama yang diinginkan oleh pengguna saat memilih sebuah ponsel pintar. Mereka enggan menunggu lama saat membuka sebuah aplikasi.

Untuk mengetahui ponsel pintar tercepat dari jajaran ponsel pintar yang diproduksi tahun 2017, David Cogen dari TheUnlockr mencoba menguji kecepatan enam buah ponsel pintar terbaik tahun 2017. Untuk memastikan akurasi pengujian, setiap ponsel pintar tersambung dengan koneksi WiFi yang sama dan digunakan untuk membuka aplikasi dan game yang sama.

Jajaran ponsel pintar yang diuji oleh Cogen antara lain Essential Phone, iPhone X, Huawei Mate 10 Pro, Galaxy Note 8, OnePlus 5T, dan Pixel 2 XL. Keenam ponsel pintar tersebut kemudian dibandingkan performa kecepatannya lalu dipilih ponsel pintar yang paling cepat. Pemenangnya adalah ponsel pintar dengan nilai terkecil, artinya membutuhkan waktu terkecil dalam membuka sebuah aplikasi.

Berikut hasil pengujiannya:

Dari data hasil pengujian diatas maka dapat disimpulkan pemenangnya adalah: OnePlus 5T

Dengan hanya 18 poin, OnePlus 5T menjadi ponsel pintar tercepat tahun 2017. Ponsel pintar ini mendudukan peringkat pertama pada dua rangkaian uji coba pertama dan tidak pernah menempati peringkat lebih dari empat pada pengujian selanjutnya. Galaxy Note 8 menjadi ponsel pintar tercepat kedua, diikuti oleh Pixel 2XL, iPhoneX dan Essential dan terakhir adalah Mate 10 Pro.

Meskipun ada beberapa ponsel pintar menduduki peringkat bawah atau kedua dari bawah, misalnya iPhoneX, bukan berarti ponsel pintar ini kalah segalanya. Dalam beberapa rangkaian pengujian misalnya pada saat membuka game, iPhoneX berada pada urutan pertama.

Kesimpulannya, semua ponsel pintar yang diuji sudah relatif cepat, rata rata perbedaannya hanya 1 sampai 5 poin. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan sebuah ponsel pintar. Selain faktor hardware, juga faktor software terutama tampilan antar muka atau UI.

Lalu bagaimana dengan tahun 2018? Kita tunggu saja.

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.