Ini Yang Terjadi Jika Sebuah iPhone Jatuh Ke Dalam Air Laut Selama 48 Jam

Beberapa waktu yang lalu saya mendengar cerita seorang kawan yang ponselnya jatuh ke dalam air laut selama 15 menit. Meskipun akhirnya ponsel tersebut berhasil ditemukan, tetapi kondisinya sudah rusak alias mati total. Ketika teman saya tersebut mencoba memperbaikinya ke service center, ongkos yang diminta tidak tanggung tanggung yakni jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan membeli baru ponsel yang sama.

Cerita yang kurang lebih sama datang dari Inggris. Bedanya, ponsel yang jatuh ke dalam air laut adalah iPhone 7 dan setelah ditemukan, ponsel tersebut masih dalam kondisi hidup.

Tersebutlah seorang penyelam bernama Cerys Hearsey melihat benda berkilauan saat menyelam di pesisir Dorset, Inggris. Benda berkilauan tersebut teronggok di dasar laut pada kedalaman sekitar 10 meter. Ketika didekati, benda berkilauan itu ternyata sebuah iPhone 7. Ponsel pintar besutan Apple itu terlihat berkilau karena saat itu sedang menerima sebuah SMS.

Hebat ya? Selain ponselnya anti air, di Inggris ada operator selular yang jaringannya mampu menembus sampai dasar laut. Bagaimana dengan di Indonesia?

Yang lebih mengejutkan lagi, indikator baterai pada IPhone masih menunjukan angka 80 persen saat ditemukan. Artinya, ponsel pintar itu tidak hanya tahan di dalam air, baterainya pun tahan selama dua hari. Apakah iPhone 7 memang sehebat itu?

Setelah menemukan iPhone 7 dengan cara yang cukup unik ini, Cerys Hearsey selanjutnya mencoba menghubungi pemiliki dari iPhone 7 tersebut. Dengan menulusuri kontak yang ada pada ponsel pintar itu akhirnya diketahui pemilik iPhone 7 yang malang itu adalah saudara sepupu dari Rob Smith, seorang penduduk setempat.

Dua hari sebelum iPhone 7 ditemukan, Smith dan sepupunya melintasi pesisir laut dengan menggunakan perahu kayak. Saat sedang mengayuh perahu, tiba tiba perahu kayak Smith dihantam ombak sehingga iPhone 7 yang ditaruh di atas perahu terlempar ke laut. Saat itu sebenarnya sepupu Smith sudah mengikhlaskan iPhone 7 yang jatuh ke laut karena menurut anggapan mereka, ponsel pintar itu tidak mungkin diselamatkan.

Karena sepupunya sudah kembali ke Kanada, Smith dan istri berencana menemui Cerys dalam waktu dekat ini. Setelah itu iPhone 7 akan kembali melakukan perjalanan panjang melintasi Samudera Atlantik untuk berkumpul kembali bersama pemiliknya.

Saat ini kehidupan manusia tidak bisa dilepaskan dari ponsel, baik untuk menunjang aktivitas sehari hari maupun pekerjaan di kantor. Itu sebabnya kehilangan ponsel pintar menjadi salah satu musibah dalam kehidupan, apalagi di dalam ponsel pintar itu tersimpan banyak data penting yang tak tergantikan.

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.