Ini Fitur Baru Dan Keunggulan Android Pie

Setelah menunggu sekian lama, Google akhirnya secara resmi mengumumkan peluncuran versi terbaru dari sistem operasi Android. Versi Android yang diluncurkan resmi untuk ponsel Pixel ini diberi nama “Android 9 Pie”.

Fitur unggulan Android Pie sebenarnya sudah bisa dinikmati sejak bulan Mei oleh para pengembang aplikasi Android. Fitur tersebut antara lain sistem navigasi baru yang menggunakan gesture dan beberapa peningkatan dari AI pada tampilan antar muka (UI) Android. Pada Android Pie juga terdapat perbaikan tampilan aplikasi, termasuk bilah status yang didesain khusus bagi ponsel yang menggunakan ‘poni’.

Meskipun demikian, tidak semua fitur yang terdapat pada Android Pie versi developer dimunculkan dalam versi rermi Android Pie. Fitur fitur yang tidak muncul tersebut antara lain, app times dan pengaturan ‘wind down’ saat seseorang tidur. Namun, fitur fitur ini akan tetap muncul bagi pengguna versi beta dari Pixel.

Google sendiri berharap rilis versi lengkap Android Pie akan dilakukan pada musim panas ini. Khusus untuk pengguna Android One, mereka baru akan bisa menikmati Android Pie pada akhir tahun ini.

Fitur lain yang baru akan muncul pada versi lengkap dari Android Pie adalah “slices”. Dengan fitur ini, bilah pencarian pada Android akan terintegrasi dengan aplikasi yang mendukung fitur ini. Misalnya jika kita mengetik kata “Lyft” pada bilah pencarian utama Android maka kita akan disuguhkan tombol untuk menghubungi pengemudi tanpa membuka aplikasi Lyft. Sekedar informasi, Lyft adalah aplikasi transportasi online sejenis dengan Uber atau Gojek.

Seperti biasa, Android Pie baru bisa dinikmati oleh pengguna Pixel, sedangkan untuk pengguna ponsel Android merk lain, mereka baru bisa menggunakan Android Pie beberapa bulan kemudian. Adopsi Android Pie oleh ponsel Android merk lain sebenarnya bisa dipercepat mengingat beberapa produsen ponsel pintar juga turut serta dalam pengembangan versi beta dari Android Pie. Sony, Xiaomi, Nokia, Oppo, Vivo, OnePlus dan Essential adalah beberapa merk ponsel yang turut serta dalam pengembangan Android Pie. Mudah mudahan mereka bisa segera meluncurkan Android Pie untuk ponsel pintar yang mereka produksi.

Google sendiri telah memberikan jadwal peluncuran Android Pie untuk produsen ponsel pintar yang turut serta dalam program Android P Beta. Google berharap, peluncuran Android Pie untuk ponsel Android yang mereka produksi bisa dilakukan paling cepat pada akhir musim panas ini.

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.