Huawei Berhasil Mengalahkan Apple Dalam Penjualan Smartphone Global

Tidak disangka tetapi kemungkinan sudah bisa diduga sebelumnya, Huawei berhasil mengambil alih posisi Apple sebagai produsen smartphone dengan market share terbesar kedua di dunia pada kwartal kedua tahun 2018. Menurut data yang dirilis oleh IDC, Canalys, dan Strategy Analytics, pada kwartal  kedua tahun ini, Huawei berhasil mengapalkan lebih dari 54 juta smartphone, sedangkan Apple hanya mengapalkan 41,3 juta iPhone. Untuk posisi jawara masih dipegang oleh Samsung dengan jumlah smartphone yang dikapalkan mencapai 73 juta unit. Tergusurnya Apple dari posisi kedua market share smartphone global merupakan kali pertama sejak tahun 2010.

Kalau dijadikan prosentasi, market share Samsung pada kwartal kedua tahun ini mencapai 20,9 persen, Huawei 15,8 persen, sedangkan Apple hanya 12,1 persen. Melesatnya Huawei juga memakan korban dengan tergusurnya Xiaomi dan Oppo dari daftar produsen smartphone dengan market share terbesar.

Lompatan market share Huawei sangat ditunjang oleh penjualan smartphone Honor. Menurut IDC, Honor menjadi kunci penting dari pertumbuhan penjualan smartphone yang dialami oleh produsen smartphone asal Tiongkok tersebut. Menurut estimasi Canalys, lompatan penjualan Huawei pada kwartal ini mencapai 2/3 atau 16 juta unit smartphone dan hampir 4 juta smartphone Honor dikapalkan keluar dari Tiongkok.

Penjualan smartphone premium Huawei juga menampakan hasil yang positif. Permintaan pasar terhadap P20 dan P20 Pro sangat tinggi khususnya di Tiongkok. Kondisi ini tentu akan menambah lagi jumlah smartphone yang bisa dikapalkan oleh Huawei pada beberapa bulan ke depan.

Pada kwartal kedua tahun ini, market share Huawei di Tiongkok mencapai 27 persen. Uniknya, di Amerika Serikat, penjualan smartphone Huawei tidak terlalu berpengaruh pada market share global. Sebagaimana diketahui, ZTE dan Huawei sedang bermasalah di Amerika Serikat karena pemerintah negeri paman sam itu mencurigai ZTE dan Huawei melakukan aktivitas mata mata di sana.

Samsung sendiri masih kokoh menempati posisi jawara market share smartphone global dengan pengapalan unit smartphone sebanyak 73 juta. Menariknya, meskipun masih memimpin market share global, minat pengguna smartphone terhadap Galaxy S9 boleh dikatakan cukup rendah. Pun demikian dengan minat terhadap Galaxy Note 9.

Gosipnya, Huawei memiliki motivasi yang sangat tinggi untuk mengalahkan Samsung. Mungkinkah itu?

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.