Google Translate Dapat Tambahan Ini Agar Lebih Pintar

Google Translate masih menjadi andalan utama bagi mereka yang butuh menerjemahkan suatu kata atau kalimat dengan cepat. Sayangnya, akurasi Google Translate baru dikatakan baik jika digunakan secara online.

Menyadari adanya kelemahan pada versi offline dari Google Translate, Google secara bertahap melakukan update kecerdasan Google Translate sehingga terjemahan yang dihasilkan saat digunakan tanpa koneksi internet bisa sebaik saat pengguna terhubung ke internet.

Dua tahun lalu, Google memperkenalkan neural machine translation (NMT), sebuah sistem yang mampu menerjemahkan kalimat dengan cepat. NMT juga memiliki kecerdasan buatan yang dapat meningkatkan kemampuannya menerjemahkan suatu kata/kalimat seiring dengan berjalannya waktu. Bila sebelumnya NMT hanya digunakan pada Google Translate versi online, kini para pengembang Google sedang mencoba menggunakan NMT pada Google Translate versi offline.

Menurut Julie Cattiau, salah satu pengembang Google, sistem neural yang terdapat pada Google Translate memiliki kemampuan menerjemahkan suatu kalimat secara utuh, tidak kata per kata. Dengan diterjemahkan secara utuh maka hasil terjemahan yang dihasilkan akan lebih mudah dicerna dan memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi.

Google merasa perlu meningkatkan kemampuan Google Translate versi offline karena versi ini sangat dibutuhkan mereka yang sedang travelling ke suatu tempat, namun tidak memiliki paket data internet pada ponselnya.

Google Translate versi offline pun dikemas dengan sangat simpel. Pengguna cukup mengunduh versi ini dengan ukuran tidak lebih dari 45MB per bahasa sehingga tidak terlalu banyak memakan space penyimpanan pada ponsel.

Google Translate versi offline tersedia dalam versi iOS dan Android. Pengguna bisa memanfaatkan fitur baru ini dengan mudah. Mereka cukup membuka pengaturan lalu memilih Offline translation. Selanjutnya silakan mengunduh versi bahasa yang diinginkan.

Seperti tercantum dalam blog Google, saat ini versi baru Google Translate offline sudah tersedia untuk sekitar 60 bahasa, diantaranya: Afrikaans, Albanian, Arabic, Belarusian, Bengali, Bulgarian, Catalan, Chinese, Croatian, Czech, Danish, Dutch, English, Esperanto, Estonian, Filipino, Finnish, French, Galician, Georgian, German, Greek, Gujarati, Haitian Creole, Hebrew, Hindi, Hungarian, Icelandic, Indonesian, Irish, Italian, Japanese, Kannada, Korean, Latvian, Lithuanian, Macedonian, Malay, Maltese, Marathi, Norwegian, Persian, Polish, Portuguese, Romanian, Russian, Slovak, Slovenian, Spanish, Swahili, Swedish, Tamil, Telugu, Thai, Turkish, Ukrainian, Urdu, Vietnamese, and Welsh.

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.