Google Menghentikan Layanan goo.gl

Google secara mengejutkan mengumumkan penghentian layanan penyingkat alamat web atau URL shortening, goo.gl. Keputusan ini diambil karena Google ingin lebih fokus menggarap Firebase Dynamic Links (FDL), yang memungkinkan pengguna memilih lokasi spesifik pada iOS, Android dan halaman web.

Dengan ditutupnya layanan goo.gl mulai tanggal 13 April 2018, maka pengguna baru dan pengguna lama tidak akan bisa lagi menyingkat halaman web menggunakan layanan penyingkat alamat web goo.gl setelah tanggal tersebut. Sedangkan pengguna yang telah menggunakan layanan ini untuk menyingkat alamat web masih diperkenankan untuk menggunakan sampai setahun ke depan. Setelah lewat setahun maka layanan ini tidak akan bisa digunakan sama sekali.

Layanan penyingkat web goo.gl diperkenalkan Google untuk pertama kali tahun 2009, dan sejak itu terjadi perubahan cara menyebarkan alamat web yang dilakukan oleh pengguna internet sehingga penyingkat alamat web mengalami peningkatan popularitas.

Layanan penyingkat alamat web goo.gl akan benar benar mati pada tanggal 30 Maret 2019. Saat itu, pengguna internet yang mengakses alamat goo.gl akan otomatis diarahkan ke alamat web aslinya, tanpa melalui Firebase console dari Google.

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.