Demi Linux, Microsoft Relakan 60.000 Patennya Jadi Open Source

Ada kabar baru datang dari raksasa teknologi Microsoft. Menurut rilis terbaru yang dilansir oleh ZDNet, Microsoft mengumumkan telah bergabung ke dalam Open Invention Network (OIN), sebuah komunitas paten open source yang dirancang khusus untuk melindungi Linux dari tuntutan masalah paten. Sebagai langkah awal. Microsoft menyerahkan 60.000 patennya ke anggota OIN.

OIN menyediakan platform berlinsensi Linux untuk sekitar 2.400 perusahaan, dari perusahaan milik pribadi sampai dengan perusahaan besar seperti Google dan IBM. Semua perusahaan ini mendapatkan akses ke platform yang patennya dimiliki oleh OIN maupun paten yang dimiliki oleh pihak lain yang bekerjasama dengan OIN. Tentu saja, semua paten yang disediakan oleh OIN sifatnya bebas royalti.

Langkah yang dilakukan Microsoft jelas akan menguntungkan kedua belah pihak. OIN mendapatkan ribuan paten baru dari Microsoft dan Microsoft mendapat kesempatan membantu komunitas open source yang selama ini diabaikan. Microsoft berkeinginan melindungi proyek proyek open source dari tuntutan hukum masalah paten.

Namun tidak semua paten yang dimiliki oleh Microsoft direlakan untuk OIN. Microsoft masih menahan paten untuk Windows dan aplikasi yang berjalan pada Windows. Hal ini sih masuk akal karena Windows masih menjadi andalan bagi Microsoft dalam mendulang pendaptan. Meskipun demikian, upaya Microsoft masuk ke dunia open source merupakan kabar yang sangat mengembirakan bagi komunitas pengembang.

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.