Cloudflare Merilis DNS 1.1.1.1 Untuk Koneksi Internet Lebih Cepat Dan Aman. Ini Caranya Mencoba

Tepat 1 April 2018, Cloudflare merilis layanan DNS terbaru mereka yang menjanjikan koneksi internet yang lebih cepat dan aman. Layanan yang menggunakan alamat https://1.1.1.1 bukanlah suatu gurauan April Mop, tetapi merupakan alamat DNS beneran yang bisa digunakan oleh setiap orang. Cloudflare mengklaim, DNS besutan mereka ini sebagai “the Internet’s fastest, privacy-first consumer DNS service.”

Berbeda dengan layanan DNS yang duluan ada seperti OpenDNS dan Google DNS, layanan DNS yang ditawarkan oleh Cloudflare lebih mementingkan aspek privasi dan keamanan. Cloudflare berjanji akan menghapus semua log yang ada pada DNS mereka dalam 24 jam.

Layanan DNS umumnya disediakan oleh penyedia jasa internet untuk mengubah nama domain seperti google.com menjadi suatu alamat IP yang bisa dibaca oleh perangkat router atau modem. DNS boleh dikatakan sebagai bagian yang sangat penting dalam jaringan internet. Sayangnya, DNS yang disediakan oleh penyedia jasa internet umumnya sangat lambat.

Selain berfungsi sebagai penerjemah nama domain ke alamat IP, penyedia jasa internet dan jaringan WiFi juga menggunakan DNS untuk menyimpan dan mengidentifikasi alamat website yang kita kunjungi. Nah, disinilah letak masalah privasi yang kerap dikeluhkan oleh pengguna DNS.

Untuk bisa memanfaatkan alamat 1.1.1.1 dan 1.0.0.1 sebagai layanan DNS, Cloudflare bekerjasama dengan APNIC. Sebelumnya, alamat 1.1.1.1 kerap digunakan oleh pengguna internet sebagai alamat palsu untuk berselancar di dunia maya. APNIC selanjutnya ‘membersihkan’ alamat 1.1.1.1 dari lalu lintas data yang tidak diinginkan sehingga bisa digunakan oleh Cloudflare sebagai DNS baru mereka.

DNS yang ditawarkan oleh Cloudflare ini nantinya bisa bekerja dalam jaringan DNS-over-TLS dan DNS-over-HTTPS. Cloudflare berharap, dengan dukungan terhadap HTTPS, nantinya semakin banyak peramban dan sistem operasi yang mendukung protokol itu.

Nah, bagi kamu pengguna Windows yang ingin mencoba DNS dari Cloudflare ini silakan lakukan langkah langkah berikut:

  1. Klik Start, lalu ketik Control Panel.
  2. Klik pada Network and Internet.
  3. Klik pada Change Adapter Settings.
  4. Klik kanan pada jaringan WiFi yang digunakan lalu pilih Properties.
  5. Pilih Internet Protocol Version 4
  6. Klik Properties.
  7. Ketik 1.1.1.1 dan 1.0.0.1 pada alamat DNS.
  8. Klik OK lalu Tutup
  9. Muat ulang browser.

Nah, kini kita bisa berselancar di dunia maya dengan lebih cepat dan aman.

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.