Aturan Baru Twitter Melarang Ini

Baru baru ini Twitter mengumumkan kebijakan baru untuk menekan aktivitas bot dan spam penyebar propaganda. Kebijakan baru ini mengatur aktivitas pengguna terutama bagi mereka yang memiliki banyak akun dan menyebarkan twit secara otomatis melalui aplikasi tertentu. Pelanggaran atas kebijakan ini mendapatkan sanksi tegas dari Twitter, yakni berupa penangguhan akun sementara atau permanen.

Yang disasar dari kebijakan baru ini adalah beberapa akun yang selama ini melakukan mass-retweeting, menyalin dan mencuri twit orang lain. Beberapa akun yang memiliki follower beragam dari ribuan sampai jutaan ikut terimbas aturan baru ini. Beberapa diantaranya bahkan dikenai sanksi penangguhan akun permanen.

Menurut juru bicara Twitter seperti dikutip The Verge, Twitter berusaha untuk bekerja lebih keras dalam memerangi spam. Mereka berharap Twitter bisa lebih ramah terhadap pengguna yang memang memerlukan informasi yang bermanfaat.

Bulan Februari lalu, Twitter meniadakan fitur ‘like’, ‘retweet’ dan mengirimkan twit yang identik atau sama pada aplikasi pihak ketiga seperti Tweetdeck. Pengiriman twit yang sama pada Tweetdeck dari beberapa akun juga sudah tidak bisa dilakukan lagi. Kebijakan baru ini mampu mengurangi jumlah bot yang beredar di jagat Twitter.

Kebijakan baru Twitter ini dilatarbelakangi oleh kasus 50.000 akun yang berasal dari sebuah organisasi di Russia yang menyebarkan propaganda sehingga mempengaruhi hasil pemilihan Presiden Amerika Serikat pada tahun 2016.

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.