ASUS ZenFone Live L1, Smartphone Murah Dengan Layar Real FullView

Menggeber pasar Indonesia dengan smartphone flagship bukan berarti ASUS melupakan pengguna mereka yang mengidamkan smartphone dengan harga terjangkau. Pada ajang yang sama dengan peluncuran ASUS ZenFone 5, ASUS juga meluncurkan ZenFone Live L1, smartphone untuk segmen value yang keunggulan utamanya ada pada desain dan rasio layar 18:9.

ASUS memberikan julukan khusus untuk ZenFone Live L1, yakni The Real FullView for Everyone. Julukan itu diberikan mengingat ZenFone Live L1 digadang gadang menjadi smartphone dengan layar FullView termurah di kelasnya.

“Pada 2017 lalu kami sudah merilis ZenFone Live untuk pecinta gadget di Indonesia,” ucap Galip Fu, Country Marketing Manager, ASUS Indonesia. “Kini generasi baru ZenFone Live hadir dengan desain dan penampilan baru, yang telah disesuaikan dengan ciri serta identitas kaum muda yang penuh semangat dan bergelora,” kata Galip lagi.

ASUS ZenFone Live L1, Galip melanjutkan, membawa desain fullview yang sangat digemari oleh banyak orang saat ini. Layarnya memiliki rasio aspek 18:9 yang memuat resolusi sebesar 1440×720 piksel atau resolusi HD+ serta rasio antara layar dan bodi (screen to body ratio) yang sangat luas, yakni mencapai 82 persen. “Dengan ukuran layar 5,5 inci namun dibungkus dalam bodi hanya 5 inci saja, ZenFone Live L1 akan menjadi patner sehari-hari yang pas di setiap momen. Apalagi ia punya tingkat kecerahan layar mencapai 400 nits,” kata Galip.

Kenyamanan dalam Genggaman

Meski ZenFone Live L1 diperuntukkan bagi segmen value di kelasnya, ASUS tetap memberikan perangkat ini dengan segudang fitur-fitur mumpuni demi kenyamanan pengguna. Salah satunya, melalui sistem keamanan perangkat dengan face recognition, yakni membuka device dengan pengenalan wajah alias face unlock.

“Face unlock saat ini semakin booming dan belakangan nyaris selalu ada pada smartphone kekinian yang diluncurkan dan diusung sebagai salah satu fitur yang diandalkan,” ujar Galip. “ASUS pun tidak ingin ketinggalan menghadirkan fitur tersebut bahkan untuk smartphone paling terjangkau yang kami miliki seperti ZenFone Live L1 ini,” sambungnya.

Tidak hanya itu, melalui riset mendalam, ASUS pun sangat memahami karakteristik pengguna smartphone di Indonesia yang membutuhkan perangkat dengan dukungan dual SIM aktif serta microSD di dalamnya. Karenanya, ucap Galip, ZenFone Live L1 turut dilengkapi dengan fitur triple slot, di mana Anda bisa memasang dua SIM card secara aktif, serta micro SD yang sanggup diekspansi hingga 256GB.

Performa Tangguh untuk Sehari-hari

Selain mengunggulkan desain, ASUS Zenfone Live L1 memiliki dua kecanggihan lain yang terletak pada performa dan baterainya. ASUS menyematkan prosesor quad core Qualcomm Snapdragon berkecepatan 1,4GHz. Komponen kartu grafis pada SoC (System on Chip) tersebut adalah Adreno 308 yang sudah cukup mumpuni untuk penggunaan normal sehari-hari.

Kapasitas memori penyimpanan internal yang disediakan adalah sebesar 16GB. Sementara RAM-nya tersedia sebesar 2GB. Zenfone Live L1 sendiri memiliki baterai sebesar 3.000mAh. “Baterai ZenFone Live L1 lebih besar dibandingkan generasi ZenFone Live sebelumnya yang 2.650mAh. Ini menjadikan ZenFone Live generasi terbaru mampu bertahan sepanjang hari ditengah padatnya aktivitas pengguna,” ucap Galip.

Sebagai gambaran, dengan kapasitas daya sebesar itu, smartphone tersebut mampu aktif dalam mode 3G selama 29 jam untuk talktime. Sementara dalam mode standby perangkat ini mampu bertahan hingga 42 hari lamanya. Perangkat ini juga mampu bertahan selama 4 hari untuk memutar musik dan 18 jam non stop untuk terhubung dengan koneksi WiFi.

Keunggulan lainnya pada perangkat ini adalah dari sisi audionya. Secara keseluruhan, ASUS memberikan beberapa teknologi penting pada smartphone ini untuk membuat keluaran suara yang mampu diperdengarkannya fantastis.

Ada beberapa teknologi utama pada fitur audionya yakni, dual microfon noise cancellation, enhanced speech clarity, smart amplifier technology, 5 magnet audio dan ICE power dan Sonic Master. Dual microfon, berfungsi untuk meminimalkan noise yang terjadi pada saat melakukan live streaming. Lubang mic ditempatkan di bawah berdekatan dengan grill speaker.

Pada ZenFone Live L1, speaker bertenaga dengan desain 5 magnet dan metal voice coil akan memproduksi audio yang keras dan jernih serta kualitas sangat baik di setiap skenario. Speaker ini juga dilengkapi dengan smart amplifier yang dapat meningkatkan kekuatan suara serta resolusi audio tanpa suara terdengar pecah.

“Dengan kombinasi tersebut, ZenFone Live L1 mampu menghadirkan audio hingga 67 persen lebih keras dibanding smartphone lain di kelasnya. Selain itu, kombinasi keduanya mampu memperluas reproduksi suara frekuensi rendah hingga 17 persen dan mengurangi distorsi hingga 15 persen,” sebut Galip.

13MP Main Camera with 0,3 Second PDAF

Mendukung fitur livestream beautification, kamera depan pada ASUS Zenfone Live juga sudah dimodifikasi sedemikian rupa agar dapat mengambil foto selfie lebih tajam dan jelas. ZenFone Live juga dilengkapi dengan soft-light LED flash yang mampu mengiluminasikan skin tone lebih alami. Saat memotret, lensa wide-angle dengan sudut pandang selebar 82o memunginkan pengguna mengambil banyak objek dalam satu frame foto.

Tak hanya kamera depan yang telah ditingkatkan. ASUS ZenFone Live juga punya kamera belakang 13MP dengan aperture f/2.0 serta five-prism lens. Agar dapat mengambil foto lebih tajam, ia mendukung fitur Phase Detection Auto Focus dengan kecepatan hanya 0,3 detik. Sama seperti jajaran smartphone ASUS ZenFone lainnya, ZenFone Live juga menggunakan teknologi low-light yang tersedia pada ASUS PixelMaster Camera. Teknologi low-light tersebut mampu meningkatkan sensitivitas cahaya, mereduksi noise dan meningkatkan kontras warna hingga 400 persen.

Di Indonesia, ZenFone Live L1 diresmikan pada 17 Mei dalam ajang #Backto5 #BacktoLive. Ia akan hadir secara pre-order di JD.ID pada 21 Mei dan flash sale setiap hari kamis, dimulai pada 31 Mei 2018 serta 7, 14, 21, 28 Juni pukul 11 siang. Untuk harganya, pengguna yang melakukan pre-order ataupun mengikuti flash sale, bisa mendapatkan ZenFone Live L1 di harga Rp1,299 juta (versi 2GB/16GB).

Setelah masa flash sale, ia akan tersedia secara ekslusif pula di JD.ID untuk seluruh pengguna, di manapun ia berada di harga Rp1.399 juta. Adapun untuk ZenFone Live L1 versi 3GB/32GB akan tersedia secara bebas di harga Rp1.699 juta.

Berikut ini spesifikasi teknis dan harga ASUS Zenfone Live:

Model ASUS Zenfone Live L1 ZA550KL
CPU Qualcomm Snapdragon 425 with 64-bit Quad-core Processor @1.40 GHz
GPU Qualcomm Adreno 308
RAM LPDDR3 2GB / 3GB
Storage eMCP 16GB / 32GB + 100GB Google Drive (free 1 year)
Micro SD Yes (up 256GB)
Connectivity 802.11b/g/n, Bluetooth v4.0 +EDR, Wi-Fi direct
Network LTE Cat4: UL 42 / DL 150 Mbps

DC-HSPA+: UL 5.76 / DL 42 Mbps, Support VoLTE/VoWifi

SIM Card Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card

Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM Card

Slot 3: Supports up to 256GB MicroSD card

Both SIM card slots support 3G WCDMA / 4G LTE network band. But only one SIM card can connect to 4G LTE service at a time.

Navigation GPS, AGPS, GLONASS
Display 5.5-inch HD+ (1440 by 720) with                front 2.5D cover glass display

Capacitive touch panel with 5 points multi-touch

Video 1080p FHD video recording at 30 fps

Take still photo while recording video

Battery 3000mAh capacity with fast charging, ASUS PowerMaster technology, 2x longer battery lifespan
Main Camera 13 megapixels, f/2.0 aperture, EFL 3.519cm, 0.3 second Phase Detection Auto-Focus

LED flash, Instant cameras switching                                                                                     

Front Camera 5 megapixels, f/2.4 aperture, EFL 2.34cm, 75.6° field of view                                     
Sensor Accelerator, E-Compass, Proximity sensor, Ambient light sensor, Gyroscope
OS Android™ O with new ASUS ZenUI 5.0
Dimension 147.26*71.77*8.15mm
Weight 140 grams
Harga Rp1.299.000 (2GB/16GB) flash sale, Rp1.399.000 (2GB/16GB) reguler

Rp1.699.000 (3GB/32GB)

Warna Deepsea Black, Sunlight Gold

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.