Aplikasi Ini Kelak Bisa Membedakan Nyamuk Dari Suaranya

Saat ini ponsel pintar telah mampu mengenali dengan baik apa yang kita ucapkan dan melakukan perintah sesuai dengan yang kita ucapkan tadi. Nah, jika mampu mengenali dan membedakan suara manusia, apakah ponsel pintar juga mampu mengenali dan membedakan suara nyamuk?

Pertanyaan diatas mengusik peneliti dari Universitas Oxford untuk mengembangkan sebuah aplikasi ponsel pintar yang mampu mengenali dan membedakan suara desingan sayap nyamuk, terutama nyamuk yang berperanan sebagai vektor penyakit berbahaya seperti malaria. Aplikasi ini nantinya diharapkan mampu mengenali suara akustik dari berbagai spesies nyamuk berdasarkan algoritma tertentu.

Menurut Dr. Davide Zilli, salah satu ahli yang terlibat dalam penelitian ini, “Kami telah membuat beberapa set algoritma yang nantinya bermanfaat untuk mengenali keberadaan nyamuk hanya dengan mendengar desingan suara sayap. Untuk tahap awal, kami melakukan pengembangan beberapa protipe sensor pada ponsel pintar Android yang dapat berjalan pada ponsel murah. Sensor ini nantinya akan mengirimkan data suara nyamuk ke dalam server untuk kemudian dianalisa dan dipelajari dalam proses pengembangan algoritma.”

Saat ini, alat yang dikembangkan tersebut telah mampu mengenali dan mengindentifikasi spesies nyamuk Anopheles, yang merupakan nyamuk penular malaria. Meskipun akurasi yang didapat baru mencapai 72 persen, namun peneliti optimis alat yang dikembangkan ini akan mampu membedakan lebih dari 3.600 spesies nyamuk.

“Kami sadar penelitian ini membutuhkan waktu yang lama, sehingga kamu sangat mengharapkan bantuan dari para relawan untuk membantu mengumpulkan data suara nyamuk.” Demikian harapan yang disampaikan oleh para peneliti.

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.

Tinggalkan Balasan