Seluruh Kereta Api Di Negeri Ini Menggunakan Tenaga Angin

Kereta api adalah salah satu moda transportasi darat yang disukai oleh berbagai kalangan. Selain murah, waktu tempuh ke tempat tujuan pun bisa lebih singkat karena kereta api tidak mungkin terjebak macet seperti alat transportasi darat lainnya.

Belanda sebagai salah satu negara maju di Eropa juga menggunakan kereta api sebagai salah satu moda transportasi massal. Sekitar 600.000 penduduk Belanda dan wisatawan asing yang berkunjung ke negara tersebut menggunakan kereta api sebagai alat angkut ke berbagai pelosok negeri itu.

Yang cukup menarik perhatian adalah 100 persen dari kereta api yang lalu lalang di Belanda menggunakan angin sebagai sumber energi. Dengan bekerjasama dengan perusahaan listrik Eneco, operator kereta api Belanda berhasil mengalihkan penggunaan energi fosil ke energi angin untuk menjalankan seluruh kereta api yang ada di Belanda.

Dalam sejam, sebuah kincir angin mampu memberi energi listrik bagi sebuah kereta api untuk menempuh perjalanan sejauh 120 mil. Artinya, 600.000 penumpang bisa menikmati perjalanan menggunakan kereta api tanpa menghasilkan gas buang emisi yang merusak lingkungan.

Selain Belanda, beberapa negara Eropa saat ini sedang berusaha mengalihkan penggunaan energi fosil pada alat transportasi umum ke energi yang lebih ramah lingkungan. Tahun ini, Jerman berencana meluncurkan kereta api yang ditenagai oleh energi hidrogen.

Bagaimana dengan Indonesia?

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.