Ini Dia Tarif Pengurusan STNK Terbaru

Ada berita buruk bagi pemilik kendaraan bermotor baik roda 2 maupun roda 4 di awal tahun 2017 ini. Mulai tanggal 6 Januari 2017 besok, biaya pengurusan samsat atau STNK mengalami kenaikan yang berkisar antara 2 sampai 3 kali lipat. Bahkan ada yang dulunya gratis sekarang dikenakan biaya. Dasar dari kenaikan ini adalah Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2016 Tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Lingkungan Polri (Pengganti PP Nomor 50 tahun 2010).

Menurut Menteri Keuangan, kenaikan ini wajar mengingat biaya PNBP STNK ini belum mengalami perubahan sejak tahun 2010.

Berikut kenaikan tarif pengurusan STNK terbaru.

Klik gambar diatas untuk memperbesar.

Ada yang unik dari kenaikan ini, yakni kenaikan pada poin 7 dan 9. Sudah menjadi rahasia umum jika poin nomor 7 dan 9 ini kerap dijadikan ajang pungli saat pengurusan STNK. Dengan dikeluarkannya PP ini maka, kesempatan untuk melakukan pungli menjadi berkurang sebab masyarakat menjadi tahu biaya yang sebenarnya dikeluarkan untuk pengurusan poin 7 dan 9.

Walau sedikit memberatkan, mudah mudahan kenaikan tarif ini bisa meningkatkan kinerja petugas samsat di lapangan dan meningkatkan penerimaan negara untuk kesejahteraan bersama.

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.