Google Dan Apple Lakukan Ini Untuk Batasi Waktu Berponsel

Makin maraknya pengguna ponsel pintar yang ketagihan bermain ponsel pintar ternyata mengusik dua perusahaan raksasa IT, Google dan Apple untuk mencari solusi terhadap masalah itu. Kedua perusahaan ini berharap pengguna ponsel pintar lebih bisa mengelola waktunya dengan baik saat memegang ponsel pintar.

Bila Apple meluncurkan fitur “Screen Time” untuk pengguna iPhone, Google memilih merillis “Digital Wellbeing” untuk pengguna ponsel Android. Meskipun memiliki nama yang berbeda, kedua fitur ini memiliki fungsi yang mirip.

Fitur fitur ini diluncurkan karena Google dan Apple berusaha memahami apa yang dibutuhkan oleh penggunanya. Saat ini, tim peneliti Google tengah melakukan penelitian tentang apa yang sejatinya dibutuhkan oleh pengguna ponsel pintar dan bagaimana perasaan mereka tentang ponsel pintar dan teknologinya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu pengguna ponsel pintar agar lebih pintar dalam mengelola waktu saat memegang ponsel pintar.

Peneliti mencatat, kebanyakan pengguna ponsel pintar mengalami stress yang tidak perlu saat mereka berhadapan dengan ponsel pintar. Rata rata ponsel pintar mereka gunakan untuk mengakses media sosial, email dan berita. Beberapa diantara mereka merasakan keterikatan yang sangat kuat dengan ponsel pintar sehingga sulit melepaskan diri.

Para peneliti menyimpulkan beberapa kemungkinan penyebab stress pada pengguna ponsel pintar, diantaranya: pengguna ponsel pintar merasakan keterikatan yang sangat kuat dengan ponsel pintar sehingga mengalami kesulitan untuk menjauhi ponselnya. Alasan lainnya, pengguna ponsel pintar berusaha membalas dengan cepat pesan pesan yang mereka terima meskipun saat itu waktu membalas pesan sangat tidak memungkinkan.

Catatan lain dari penelitian ini, kebanyakan pengguna ponsel pintar memang berusaha menjauh dari ponselnya, tetapi ketika mereka benar benar “dipaksa” untuk tidak terkoneksi dengan ponsel (misalnya saat baterai habis atau ponsel ketinggalan di rumah), orang orang ini merasa gelisah dan khawatir pesan yang diterima tidak terbaca atau notifikasinya terlewatkan.

Melihat perilaku pengguna ponsel pintar yang seperti itu, Google berupaya memberikan beberapa solusi diantaranya dengan cara mengingatkan pengguna ponsel tentang waktu yang telah mereka habiskan di depan ponsel. Upaya kedua berupa bantuan untuk mengurangi keinginan berlama lama memainkan aplikasi tertentu dengan pembatasan waktu aplikasi dan upaya terakhir adalah dengan fitur diskoneksi parsial yang memberi batasan pada fitur fitur aplikasi yang memaksa penggunanya berlama lama di depan ponsel.

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.