Berwisata Ke Solo Naik Bus, Siapa Takut?

Ketika menyebut kota Solo maka yang terngiang dalam pikiran adalah lagu Bengawan Solo, Keraton dan kampung halaman Bapak Presiden Jokowi. Lagu Bengawan Solo ciptaan almarhum Gesang begitu melegenda dan masih diperdengarkan hingga kini. Lagu yang menceritakan keindahan sungai Bengawan Solo ini bahkan telah terkenal di seluruh dunia dan diterjemahkan dalam berbagai bahasa.

Baca juga: 17 Fakta Menarik Tentang Perancis Yang Wajib Kamu Ketahui

Sejarah kota Solo tidak bisa dilepaskan dari Kesultanan Surakarta yang merupakan pewaris dari Kesultanan Mataram bersama dengan Yogyakarta. Itu sebabnya di Kota Solo kita dengan mudah dapat menikmati wisata Keraton seperti halnya di Yogyakarta.

Kini Kota Solo juga terkenal sebagai tempat kelahiran dari Bapak Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Sebelum merintis karir politik di Jakarta, Jokowi memang telah akrab dengan masyarakat Solo karena beliau adalah mantan Walikota Solo.

Kota Surakarta atau kerap disebut dengan Kota Solo (Sala) adalah wilayah otonom kota yang berada di bawah propinsi Jawa Tengah. Jumlah penduduk Kota Solo menurut sensus penduduk tahun 2010 adalah 503.421 jiwa atau dengan kepadatan rata rata 13.636/km2. Dengan jumlah penduduk sekian, Kota Solo menjadi kota terbesar ketiga di selatan Pulau Jawa setelah Bandung dan Malang.

Setelah kita mengenal sekilas tentang Kota Solo, tampaknya masih tersisa satu pertanyaan yang harus dicari jawabannya. Apa yang menarik dari kota ini sehingga menjadi salah satu kota yang harus dikunjungi saat liburan?

Seperti tetangganya Yogyakarta, Kota Solo juga menyimpan segudang obyek wisata yang bisa dikunjungi bersama keluarga. Mulai dari wisata alam, wisata kuliner dan berbagai macam festival budaya yang rutin dilakukan pada momen momen tertentu.

Tempat tempat wisata alam yang dapat dinikmati di sekitar Solo antara lain, Kawasan Wisata Tawangmangu, Kawasan Wisata Selo, Agrowisata Kebun Teh Kemuning, Air Terjun Jumog, Air Terjun Parang Ijo, Air Terjun Segoro Gunung, Grojogan Sewu dan lain lain. Di sekitar Kota Solo juga terdapat berbagai macam peninggalan candi dari kebudayaan Hindu-Buddha, seperti Candi Sukuh, Candi Cetho, Candi Monyet dan lain lain.

Pada momen momen tertentu kita juga bisa menikmati berbagai macam festival budaya yang digelar di Kota Solo seperti Sekaten, Grebeg Sudiro, Grebeg Mulud, Tinggalandalem Jumenengan, Grebeg Pasa, Syawalan, Grebeg Besar, Solo Batik Carnival, Solo Batik Fashion dan lain lain.

Saat mengunjungi suatu obyek wisata, pasti kita tidak akan melewatkan makanan khas daerah itu. Demikian halnya saat kita berkunjung ke Kota Solo, yang terkenal dengan banyaknya jajanan kuliner tradisional. Beberapa jenis makanan khas yang bisa dinikmati di Kota Solo antara lain: Sate Kambing, Nasi Liwet, Timlo Solo, Nasi Gudeg, Gudeg Ceker, pecel nDeso, Cabuk Rambak, Bestik Solo, selat Solo, Mie Ayam, Bakso, Srabi Solo, Intip, tengkleng, Roti Mandarin, Sosis Solo, Kambing Guling, Sate Buntel, Sate Kere, Sop Manten, Bakmi Ketoprak, dan lain lain.

Melihat banyaknya hal menarik yang bisa dinikmati di Kota Solo, ada baiknya kita menjadikan kota ini sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat liburan akhir tahun nanti. Karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, Kota Solo bisa dengan mudah dicapai menggunkaan kendaraan pribadi.

Bagi mereka yang ingin berwisata ke Kota Solo menggunakan transportasi umum, salah satu yang bisa digunakan adalah dengan Bus. Saat ini telah tersedia berbagai macam Bus yang melayani perjalanan dari Jakarta ke Kota Solo. Daftar bus yang melayani perjalanan dari Jakarta ke Solo, berikut tarifnya bisa dilihat secara lengkap di sini.

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.