Sekarang Kamu Bisa Nongkrong Di Starbucks Tanpa Harus Membeli Sesuatu

Kamu suka nongkrong di Starbucks? Ada berita bagus nih buat kamu. Cafe berjaringan Internasional yang berpusat di Amerika Serikat ini akan segera memperbaharui kebijakan tentang orang orang yang boleh nongkrong di Starbucks.

Sebelumnya orang yang boleh nongkrong atau menggunakan toilet di Starbucks disesuaikan dengan kebijakan dari masing masing pimpinan cafe. Salah satu kebijakan itu adalah orang yang nongkrong atau menggunakan toilet di Starbucks adalah mereka yang membeli sesuatu di cafe tersebut. Akibat kebijakan yang ambigu ini, terjadi ketidakseragaman ijin nongkrong atau menggunakan toilet antara satu cafe Starbucks dengan cafe Starbucks yang lain.

Penyeragaman kebijakan ini muncul dua minggu setelah kejadian yang tidak menyenangkan yang dialmi oleh dua orang kulit hiitam di cafe Starbucks, Philadelphia, Amerika Serikat. Mereka ditangkap polisi karena duduk terlalu lama  menunggu datangnya teman di Starbucks tanpa memesan sesuatu.

Kejadian yang menimbulkan amarah netijen ini akhirnya membuat CEO Strabucks, Kevin Johnson angkat bicara. Melalui video permintaan maaf, Kevin Johnson berjanji akan memperbaiki aturan yang selama ini berlaku di Starbucks.

Kurang dari seminggu setelah kejadian itu, seorang pria kulit hitam Brandon Ward menyampaikan keluhannya dalam sebuah video. Dalam video yang sempat viral ini, Brandon mengeluhkan ditolak menggunakan toilet di sebuah cafe Starbucks lantaran dia tidak membeli sesuatu di sana. Dalam video tersebut Brandon Ward juga mengungkapkan tentang diijinkannya seorang pria kulit putih menggunakan toliet meskipun pria tersebut tidak membeli sesuatu di sana.

Kedua kejadian inilah yang membuat Starbucks memperbarui kebijakannya dan menutup seluruh cafe di Amerika Serikat pada tanggal 29 Mei 2018 guna memberikan kesempatan kepada seluruh karyawan Starbucks di Amerika Serikat mengikuti pelatihan tentang penghapusan diskriminasi rasial.

Bagaimana dengan cafe Starbucks di Indonesia? Ada yang mengalami kejadian serupa?

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.