Co-Founder Microsoft, Paul Allen Meninggal Dunia, Ini Penyebabnya

Salah satu co-founder atau pendiri Microsoft, Paul Allen meninggal dunia di usia 65 tahun. Menurut kabar yang saya terima, penyebab dari kematian Paul Allen adalah komplikasi dari penyakit lymphoma non-Hodgkin atau kanker kelenjar getah bening.

Berita duka tentang kematian Paul Allen pertama kali disiarkan oleh Vulcan, perusahaan swasta yang didirikan oleh Paul Allen pada tahun 1986. Berikut pernyataan resmi dari perusahaan tersebut terkait dengan kematian Paul Allen, “with deep sadness that we announce the death of our founder Paul G. Allen, co-founder of Microsoft and noted technologist, philanthropist, community builder, conservationist, musician and supporter of the arts.

Ini merupakan perjuangan kedua yang dilakukan oleh Paul Allen dalam melawan keganasan kanker kelenjar getah bening. Sebagaiman diketahui, kanker kelenjar getah bening atau yang dalam bahasa kedokteran disebut dengan lymphoma non-hodgkin adalah kanker pada sistem limpatik yang mana kanker ini terbentuk dari limposit (komponen dari sel darah putih).

Paul Allen pertama kali didiagnosa menderita kanker kelenjar getah bening sekitar 35 tahun yang lalu. Setelah melalui proses pengobatan yang panjang, kanker ini berhasil dijinakan. Sayangnya sekitar dua minggu yang lalu, Paul Allen kembali masuk rumah sakit karena penyakit kanker yang pernah dideritanya kambuh lagi.

Semasa hidupnya, Paul Allen dikenal sebagai seorang yang dermawan dan banyak melakukan aktivitas di luar bidang teknologi, seperi olahraga dan musik. Paul Allen juga dikenal sebagai kolektor mainan yang mahal. Saking sukanya terhadap mainan, Paul Allen sampai mendirikan sebuah gedung untuk menampung mainan koleksinya.

Dalam bidang olaharga, Paul Allen merupakan pemilik tim NFL Seattle Seahawks, tim NBA Portland Trail Blazers dan sebagai bagian dari pemilik klub sepakbola MLS Seattle Sounders FC. Paul Allen juga penggemar dan pengoleksi gitar. Beberapa gitar yang dimilikinya merupakan bekas gitar yang digunakan oleh musisi ternama seperti Jimi Hendrix dan Woodie Guthrie.

Paul Allen juga dikenal dermawan. Dia pernah mendonasikan uang sebesar 30 juta USD kepada pemerintah Seattle guna membangun sebuah kompleks apartemen bagi tuna wisma. Melalui Giving Pledge, Paul Allen juga berkomitmen mendonasikan setengah dari kekayaannya untuk kepentingan amal. Menurut data terakhir, kekayaan Paul Allen diperkirakan sekitar 20 Milyar USD.

Paul Allen mengundurkan diri dari Microsoft pada tahun 1983, saat dia pertama kali didiagnosa menderita kanker kelenjar getah bening. Paul Allen pertama kali bertemu dengan Bill Gates (pendiri Microsoft yang lain) saat mereka sama sama mengenyam pendidikan di Lakeside School, Seattle. Saat itu Paul Allen berusia 14 tahun dan Bill Gates berusia 12 tahun. Kurang dari 10 tahun kemudian, mereka berdua mendirikan Microsoft. Meskipun Paul Allen telah keluar dari Microsoft, persahaban mereka berdua tetap harmonis sampai saat ini.

Akhir kata, selamat jalan Paul Allen.

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.