Alan Bean, Manusia Keempat Yang Menginjakan Kaki di Bulan, Wafat Di Usia 86 Tahun

Alan Bean, manusia keempat yang berhasil menginjakan kaki di bulan, wafat hari sabtu kemarin di Houston, Amerika Serikat, pada usia 86 tahun. Sebelum wafat, Bean telah meninggalkan dunia antariksa dan menekuni hobinya sebagai pelukis hingga akhir hayat.

Dengan wafatnya Bean maka astronot penginjak bulan yang masih hidup tinggal empat orang. Astronot tersebut adalah Buzz Aldrin, 88 tahun, Dave Scott, 85 tahun, Charlie Duke, 82 tahun dan Harrison Schmitt. 82 tahun. Sedangkan kedelapan orang astronot program Apollo yang sempat berjalan di bulan pada rentang tahun 1960an sampai 1970an telah meninggal dunia, termasuk 7 orang astronot yang masuk dalam program antariksa Merkurius.

Setelah menamatkan pendidikan insinyur di Universitas Texaz, Bean mendaftar sebagai anggota angkatan laut Amerika Serikat dan diangkat menjadi penerbang. NASA kemudian memilihnya sebagai astronot kelas ketiga pada tahun 1963. Selama pelatihan astronot, Bean terpilih menjadi salah satu pilot dalam misi Apollo 12 dan berhasil menerbangkan Apollo12 menuju bulan pada tahun 1969 sebagai bagian dari misi kedua NASA menuju bulan.

Selamat jalan, Bean, semoga berbahagia dan beristirahat dengan tenang di keabadian.

dokterMade :Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.
Disqus Comments Loading...